INFORMASI PENDAFTARAN DAN JADWAL PAPS

PROSEDUR PENDAFTARAN TES PAPS

1- Pembayaran Biaya Tes PAPS

  • Informasi jumlah ketersediaan kuota dapat dilihat pada laman https://paps.ugm.ac.id/paps/ saat periode pendaftaran dibuka,
  • Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui teller Bank BNI.
  • Calon peserta tidak diperkenankan melakukan pembayaran melalui metode lain (ATM dan BNI Internet/Mobile Banking) sebagai antisipasi adanya kemungkinan kendala gagal transaksi, password tidak muncul atau kendala lainnya yang dapat merugikan calon peserta.
  • Kendala yang dialami akibat transaksi melalui ATM atau BNI Internet/Mobile banking menjadi tanggung jawab calon peserta dan UPAP Psikologi UGM tidak melayani refund atau pengembalian biaya yang telah dibayarkan.
  • Calon peserta tes melakukan pembayaran sebesar Rp300.000,00 untuk satu kali pendaftaran via teller Bank BNI, dengan cara datang ke Bank BNI terdekat di seluruh Indonesia lalu menyebutkan kode transfer host to host : 4040 diikuti tanggal lahir calon peserta dengan format ddmmyyyy, contoh: 4040ddmmyyyy.
  • Pastikan kode pembayaran sudah benar karena biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa diuangkan kembali/non refundable dan tidak bisa dialihkan.
  • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan mendapatkan Password yang tercetak di Bukti Pembayaran. (Password/Bukti Bayar ini dapat digunakan untuk mendaftar di tanggal tes kapan saja, tidak terpaku untuk tanggal tes tertentu).
  • Calon peserta yang tidak mendapatkan password setelah berhasil melakukan pembayaran dapat mengirimkan bukti pembayaran atau bukti mutasi ke alamat e-mail upap.psikologi@ugm.ac.id.
  • Calon peserta yang sudah melakukan pembayaran bukan berarti terdaftar sebagai peserta, calon peserta harus mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Tes PAPS pada tanggal tertentu.

2- Pendaftaran Tes PAPS

  • Calon peserta melihat jadwal pendaftaran pada tabel di bawah.
  • Informasi jumlah ketersediaan kuota dapat dilihat pada laman paps.ugm.ac.id/paps saat periode pendaftaran dibuka
  • Calon peserta melakukan pendaftaran secara online di laman paps.ugm.ac.id/paps pada saat periode pendaftaran sedang dibuka dengan cara login:
    • Tanggal lahir : menggunakan tanggal lahir (tanpa kode 4040) yang tertera pada slip pembayaran.
    • Password : nomor yang tertera di PDFTRN. PASWD pada slip pembayaran.
    • Tanggal Pembayaran: tanggal bayar pada slip pembayaran
  • Ikuti setiap langkah pendaftaran dengan mengisikan data diri dan pastikan data yang dimasukkan benar. Khusus pada kolom email, diwajibkan untuk menggunakan alamat e-mail dengan domain GMail (ex. upap@gmail.com) atau domain resmi institusi (ex: upap@ugm.ac.id)
  • Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan memperoleh informasi kapan peserta dapat mulai mencetak Kartu Peserta Ujian.
  • Silakan melakukan login ulang ke akun pendaftaran untuk memastikan tahapan yang muncul adalah tahapan persetujuan bukan tahapan pilih periode tes.
  • Apabila mengalami kesalahan dalam pengisian identitas, silakan langsung menghubungi e-mail: upap.psikologi@ugm.ac.id
  • Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) dapat diunduh langsung di website pendaftaran online sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Sebelum mencetak Kartu Peserta Ujian pastikan jadwal yang tertera sudah benar sesuai jadwal tes. Hubungi Sekretariat UPAP jika ditemukan ketidaksesuaian data.
  • Peserta harus mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang diperolehnya pada saat pendaftaran dan tidak bisa berganti sesi atau jadwal dengan alasan apapun.
  • Peserta wajib menandatangani dan menempelkan foto pada Kartu Peserta Ujian.
  • Apabila saat pendaftaran pilihan jadwal tes tidak muncul berarti kuota sudah penuh, silakan mendaftar di periode berikutnya.
  • Peserta dengan kebutuhan khusus diwajibkan melapor melalui e-mail upap.psikologi@ugm.ac.id mengenai kondisinya paling lambat h-3 pelaksanaan tes.

 

KETENTUAN PELAKSANAAN DAN INFORMASI HASIL

PAPS Luring

  1. Prosedur dan Peraturan Pelaksanaan Tes PAPS Luring dapat dilihat di sini
  2. Hasil tes atau sertifikat Tes PAPS dikeluarkan paling lambat 5 hari kerja setelah pelaksanaan tes dan dapat diunduh pada laman cek skor dengan masa akses selama 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelaksanaan tes.

PAPS Berbasis Daring (sementara ditiadakan)

  1. Prosedur dan Peraturan Pelaksanaan Tes PAPS Berbasis Daring dapat dilihat di sini
  2. Hasil tes atau sertifikat Tes PAPS dikeluarkan paling lambat 5 hari kerja setelah pelaksanaan tes dan dapat diunduh pada laman cek skor dengan masa akses selama 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal pelaksanaan tes.

 

 

JADWAL TES PAPS REGULER 2024

No.
Jadwal Pendaftaran(*)
Tanggal Tes(**)
Waktu / Sesi Tes(***)
Keterangan
1 22 Desember 2023 – 4 Januari 2024 11 Januari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB hasil dapat diakses
2 4 – 11 Januari 2024 18 Januari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB hasil dapat diakses
2 16 – 22 Januari 2024 23 Januari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00 WIB hasil dapat diakses
3 12 – 18 Januari 2024 25 Januari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB hasil dapat diakses
4 19 – 25 Januari 2024 1 Februari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB hasil dapat diakses
5 26 Januari – 8 Februari 2024 15 Februari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB hasil dapat diakses
6 8-15 Februari 2024 22 Februari 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB hasil dapat diakses
7 29 Februari – 7 Maret 2024 14 Maret 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB hasil dapat diakses
8 1-8 Maret 2024 21 Maret 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB hasil dapat diakses
9 14-21 Maret 2024 28 Maret 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB hasil dapat diakses
10 21-28 Maret 2024 4 April 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB hasil dapat diakses
11 19-22 Mei 2024 24 April 2024 (CBT Luring/Offline)

*Kuota tambahan

08.00 WIB
12 11-19 April 2024 25 April 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00, 14.00 WIB
13 8-15 Mei 2024 22 Mei 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB
14 16-22 Mei 2024 30 Mei 2024 (CBT Luring/Offline) 08.00, 11.00 WIB

Jadwal bulan selanjutnya akan diupdate di website ini

Keterangan: * Pendaftaran online dimulai hari pertama pendaftaran pukul 10.00 WIB, dan ditutup lebih awal apabila kuota setiap sesinya terpenuhi. ** Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. *** Pendaftaran sesi selanjutnya akan dibuka apabila sesi sebelumnya sudah terpenuhi (tidak bisa memilih).