TATA LAKSANA DAN JADWAL PAPS

INFORMASI

Sementara Waktu Mohon Untuk Tidak Melakukan Pembayaran Tes PAPS Melalui ATM Bank BNI

SEGALA BENTUK PELAYANAN OFFLINE UPAP PSIKOLOGI UGM TUTUP PER 23 MARET 2020

Pertanyaan terkait Tes PAPS dapat menghubungi e-mail upap.psikologi@ugm.ac.id pada hari kerja pukul 08.00 – 16.00 WIB


Kebijakan UPAP Terkait Penanggulangan COVID-19

Sehubungan dengan Surat Edaran Rektor UGM No. 1604/UNI.P/HKL/TR/2020 (ugm.id/edarancovid19)  tentang kesiapsiagaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lingkungan UGM dan Surat Edaran Nomor 1683/UN1.P/HKL/TR/2020 Tentang Pembatasan Maksimal Kegiatan Kampus Universitas Gadjah Mada, maka Pengelola UPAP melakukan langkah-langkah antisipasi guna merespon penyebaran COVID-19 (corona virus). Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa informasi terkait tes PAPS yang kami selenggarakan:

  1. UPAP berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengurangi penyebaran COVID-19,
  2. Segala bentuk pelayanan offline UPAP Psikologi UGM per 23 Maret 2020 dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan.
  3. Bagi peserta yang akan menggunakan hasil Tes PAPS untuk keperluan pendaftaran pascasarjana, untuk sementara waktu silakan menggunakan tangkapan layar hasil tes yang dapat diakses pada laman https://akademik.psikologi.ugm.ac.id/paps/ pastikan semua kolom nilai terlihat.
  4. UPAP membuka layanan pengajuan pengiriman sertifikat PAPS dengan ketentuan pada laman pengambilan sertifikat.
  5. UPAP menghargai kerjasama Anda untuk turut serta dalam usaha tersebut.
  6. UPAP mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda.

Semoga kita semua selalu dikaruniai kesehatan jiwa dan raga


PROSEDUR PENDAFTARAN PAPS LURING (sementara ditiadakan)

1- Pembayaran Biaya Tes PAPS

  • Informasi jumlah ketersediaan kuota dapat dilihat pada laman paps.ugm.ac.id saat periode pendaftaran dibuka
  • Calon peserta tes melakukan pembayaran sebesar Rp200.000,00 untuk satu kali tes, dengan cara datang ke Bank BNI terdekat di seluruh Indonesia (Opsi pembayaran selain via teller) lalu menyebutkan kode transfer host to host : 4040 diikuti tanggal lahir calon peserta dengan format ddmmyyyy, contoh: 4040ddmmyyyy.
  • Pastikan kode pembayaran sudah benar karena biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa diuangkan kembali/non refundable dan tidak bisa dialihkan.
  • Kami imbau untuk tidak melakukan pembayaran melalui mobile banking karena password tidak akan muncul.
  • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan mendapatkan Password yang tercetak di Bukti Pembayaran. (Password/Bukti Bayar ini dapat digunakan untuk mendaftar di tanggal tes kapan saja, tidak terpaku untuk tanggal tes tertentu).
  • Calon peserta yang tidak mendapatkan password setelah berhasil melakukan pembayaran dapat mengirimkan bukti pembayaran atau bukti mutasi ke alamat e-mail upap.psikologi@ugm.ac.id.

2- Pendaftaran Tes PAPS

  • Calon peserta melakukan pendaftaran secara online di laman paps.ugm.ac.id sesuai dengan jadwal pendaftaran yang tertera pada tabel dibawah ini.
    • Tanggal lahir : menggunakan tanggal lahir (tanpa kode 4040)yang tertera pada slip pembayaran.
    • Password : nomor yang tertera di PDFTRN. PASWD pada slip pembayaran.
    • Tanggal Pembayaran: tanggal bayar pada slip pembayaran
  • Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan memperoleh informasi kapan peserta dapat mulai mencetak Kartu Peserta Ujian.
  • Apabila mengalami kesalahan dalam pengisian identitas, silakan langsung menghubungi e-mail: upap.psikologi@ugm.ac.id
  • Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) dapat diunduh langsung di website pendaftaran online sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Sebelum mencetak Kartu Peserta Ujian pastikan jadwal yang tertera sudah benar sesuai jadwal tes. Hubungi Sekretariat UPAP jika ditemukan ketidaksesuaian data.
  • Peserta langsung datang ke lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang diperoleh. Berikut susunan pelaksanaan tes: sesi I reguler, sesi II reguler, sesi III reguler, sesi I CBT, sesi II CBT, sesi III CBT.

KETENTUAN PELAKSANAAN DAN INFORMASI HASIL

  1. Peserta dimohon untuk berbusana rapi dan sopan sesuai standar akademik di UGM.
  2. Peserta wajib membawa pensil 2B dan karet penghapus.
  3. Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) yang sudah ditempeli foto berwarna 2 lembar 3×4.
  4. Peserta wajib membawa Kartu Identitas (KTP) yang digunakan waktu mendaftar untuk keperluan identifikasi pada saat tes. Bagi yang belum mempunyai e-KTP, mohon juga membawa identitas lain (SIM/Paspor/Ijazah)
  5. Peserta yang tidak membawa Kartu Tes maupun Kartu Identitas tidak diperbolehkan mengikuti Tes dan pembayaran dianyatakan hangus.
  6. Peserta harus mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang diperolehnya pada saat pendaftaran online dan tidak bisa berganti sesi atau jadwal dengan alasan apapun.
  7. Peserta yang datang terlambat tidak diperkenankan mengikuti tes dan pembayaran dinyatakan hangus.
  8. Pelaksanaan tes di Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta (lokasi: klik disini) parkir kendaraan di Lembah UGM.
  9. Peserta yang belum mengetahui lokasi tes silakan datang ke sekretariat UPAP Psikologi UGM Gd C-208 untuk menanyakan informasi lokasi tes paling lambat satu jam sebelum waktu tes.
  10. Tidak ada toleransi keterlambatan, oleh karena itu 30 menit sebelum tes dimulai peserta sudah harus berada di lokasi tes.
  11. Hasil tes dan sertifikat PAPS akan dikeluarkan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu dari pelaksanaan tes.
  12. Sertifikat PAPS dapat diambil di Sekretariat UPAP (Fakultas Psikologi UGM Gedung C Lt.2 ruang C-208)
  13. Hasil tes dapat dilihat secara online di laman https://akademik.psikologi.ugm.ac.id/paps/
  14. Prosedur pengambilan sertifikat PAPS dapat dilihat disini
  15. Prosedur legalisasi sertifikat PAPS dapat dilihat disini.

JADWAL PAPS REGULER 2020

No.
Jadwal Pendaftaran(*)
Tanggal Tes(**)
Waktu / Sesi Tes(***)
Informasi Hasil
1
30 Desember 2019 – 2 Januari 2020
9 Januari 2020 (CBT)
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
2
6 – 10 Januari 2020
16 Januari 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
3
13 – 16 Januari 2020
23 Januari 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
4
27 – 31 Januari 2020
6 Februari 2020
08.00, 10.30 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
5
3 – 6 Februari 2020
13 Februari 2020 (CBT)
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
6
17 – 20 Februari 2020
27 Februari 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
7
2 – 5 Maret 2020
12 Maret 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
8
9 – 12 Maret 2020
2-3 Juni 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
9
16 – 19 Maret 2020
26 Maret 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
JADWAL DITIADAKAN
10
30 Maret – 2 April 2020
9 April 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
JADWAL DITIADAKAN
11
13 – 16 April 2020
23 April 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB
JADWAL DITIADAKAN
12
20 – 23 April 2020
30 April 2020 (CBT)
08.00, 10.30, 13.00 WIB
JADWAL DITIADAKAN
13
4 – 7 Mei 2020
14 Mei 2020
08.00, 10.30, 13.00 WIB JADWAL DITIADAKAN
14 4 Juni 2020 10 & 11 Juni 2020 (daring) 08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
15
17 & 18 Juni 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
16
25 Juni 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
17
2 Juli 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
18
9 Juli 2020 (daring)
08.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
19
6 Agustus 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
20
13 Agustus 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
21
10 September 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
*hasil sudah keluar
22
17 September 2020 (daring)
08.00 WIB
*hasil sudah keluar
23
24 September 2020 (daring)
08.00 WIB
HASIL KELUAR MAKSIMAL 30 SEPTEMBER 2020
24
8 Oktober 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
25
15 Oktober 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
26
22 Oktober 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
27
5 November 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
28 2 – 5 November 2020
12 November 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
29
19 November 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
30
3 Desember 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
31
10 Desember 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB
32 7 – 10 Desember 2020
17 Desember 2020 (daring)
08.00, 13.00 WIB

Jadwal bulan selanjutnya akan diupdate di website ini

Keterangan: * Pendaftaran online dimulai hari pertama pendaftaran pukul 10.00 WIB, dan ditutup lebih awal apabila kuota setiap sesinya terpenuhi. ** Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. *** Pendaftaran sesi selanjutnya akan dibuka apabila sesi sebelumnya sudah terpenuhi (tidak bisa memilih).