PROSEDUR PENDAFTARAN PAPS:

  • Calon peserta membayar biaya tes terlebih dahulu, sebesar Rp150.000,00 untuk satu kali tes, dengan cara transfer host to host ke teller BNI terdekat diseluruh Indonesia dengan menyebutkan kode pembayaran: 4040 diikuti tanggal lahir calon peserta dengan format ddmmyyyy, contoh: 4040ddmmyyyy
    (biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak bisa diuangkan kembali/non refundable dan tidak bisa dialihkan).
  • Setelah membayar, calon peserta akan mendapatkan password yang tercetak di Bukti Pembayaran
    (Password/Bukti Bayar ini dapat digunakan untuk mendaftar di tanggal tes kapan saja, tidak terpaku untuk tanggal tes tertentu).
  • Melakukan pendaftaran secara online di laman paps.ugm.ac.id sesuai dengan jadwal pendaftaran dibawah.
    Login : menggunakan Nomor Induk (tanggal lahir), yang tertera pada slip pembayaran.
    Password : nomor yang tertera di PDFTRN. PASWD pada slip pembayaran.
  • Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan memperoleh Bukti Pendaftaran dimana terdapat informasi kapan peserta dapat mulai mencetak Kartu Peserta Ujian.
  • Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) yang dapat diunduh langsung di website pendaftaran online sesuai dengan waktu yang telah dicantumkan di Bukti Pendaftaran.
  • Peserta langsung datang ke lokasi ujian sesuai dengan jadwal yang diperoleh.
  • Pelaksanaan tes di Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta (lokasi: klik disini) parkir kendaraan di Lembah UGM.
  • Tidak ada toleransi keterlambatan, oleh karena itu dihimbau 30 menit sebelum tes dimulai peserta sudah harus ada di lokasi tes.

 

JADWAL PAPS REGULER

No.
Tanggal Pendaftaran(*)
Tanggal Pelaksanaan Tes
Waktu Pelaksanaan Tes(**)
Informasi Hasil
1
29 Jan – 1 Feb 2018
8 Februari 2018
08.00, 10.30 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
2
5 – 8 Februari 2018
15 Februari 2018 (CBT)
08.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
3
12 – 15 Februari 2018
22 Februari 2018
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
4
5 – 8 Maret 2018
15 Maret 2018
08.00, 10.30, 13.00 WIB
 * hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
5
12 – 15 Maret 2018
22 Maret 2018 (CBT)
08.30, 13.00 WIB
 * hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
6
19 – 22 Maret 2018
29 Maret 2018
08.00, 10.30 WIB
 * hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
7
2 – 5 April 2018
12 April 2018
08.00, 10.30, 13.00 WIB
 * hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
8
9 – 12 April 2018
19 April 2018 (CBT)
08.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
9
16 – 19 April 2018
26 April 2018
08.00, 10.30, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
10
30 Apr – 3 Mei 2018
11 Mei 2018
08.00, 13.00 WIB
* hasil sudah keluar
* sertifikat sudah jadi
11
7 – 9 Mei 2018
(tgl 17 & 18 Mei 2018: PENUH)
17 Mei 2018 (CBT)
18 Mei 2018
09.00, 13.00 WIB (CBT)
08.30, 13.00 WIB
12
14 – 17 Mei 2018
24 Mei 2018
25 Mei 2018
08.30, 12.30 WIB
08.30, 13.00 WIB
13
21 – 24 Mei 2018
31 Mei 2018
08.30, 12.30 WIB
14
 28 – 31 Mei 2018
5 Juni 2018
7 Juni 2018
08.30, 12.30 WIB
08.30, 12.30 WIB
15
 18 – 21 Juni 2018
28 Juni 2018
 08.00, 10.30, 13.00 WIB
16
2 – 5 Juli 2018
12 Juli 2018
 08.00, 10.30, 13.00 WIB
17
9 – 12 Juli 2018
19 Juli 2018 (CBT)
08.30, 13.00 WIB
18
16 – 19 Juli 2018
26 Juli 2018
08.00, 10.30, 13.00 WIB
19
30 Jul – 2 Ags 2018
9 Agustus 2018
 08.00, 10.30, 13.00 WIB
20
6 – 9 Agustus 2018
16 Agustus 2018 (CBT)
08.30, 13.00 WIB
21

20 – 23 Agustus 2018

30 Agustus 2018
 08.00, 10.30, 13.00 WIB

Jadwal bulan selanjutnya akan diupdate di website ini

Keterangan:
* Pendaftaran online dimulai hari pertama pendaftaran pukul 10.00 WIB, dan ditutup lebih awal apabila kuota setiap sesinya terpenuhi.
** Peserta wajib datang 30 menit sebelum pelaksanaan tes.

KETENTUAN PELAKSANAAN DAN INFORMASI HASIL:

  1. Peserta dimohon untuk berbusana rapi dan sopan sesuai standar akademik di UGM.
  2. Peserta wajib membawa pensil 2B dan karet penghapus.
  3. Peserta wajib membawa Kartu Peserta Ujian (Kartu Tes & Album Panitia) yang sudah ditempeli foto berwarna 2 lembar 3×4.
  4. Peserta wajib membawa Kartu Identitas (KTP) yang digunakan waktu mendaftar untuk keperluan identifikasi pada saat tes.
  5. Peserta yang tidak membawa Kartu Tes maupun Kartu Identitas tidak diperbolehkan mengikuti Tes dan pembayaran dianyatakan hangus.
  6. Peserta harus mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang diperolehnya pada saat pendaftaran online dan tidak bisa berganti sesi atau jadwal.
  7. Peserta yang datang terlambat tidak diperkenankan mengikuti tes dan pembayaran dinyatakan hangus.
  8. Hasil tes akan dikeluarkan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu dari pelaksanaan tes.
  9. Hasil tes dapat dilihat secara online di laman https://akademik.psikologi.ugm.ac.id/paps/
  10. Sertifikat akan dikeluarkan berapapun skor yang diperoleh, dan harap diambil.
  11. Sertifikat hasil tes PAPS dapat diambil di Sekretariat UPAP (Fakultas Psikologi UGM Gedung C Lt.2 ruang C-205) dengan membawa Kartu Tes paling lambat 3 (tiga) bulan terhitung dari pelaksanaan tes.
  12. Sertifikat hasil tes PAPS yang tidak diambil lebih dari 3 (tiga) bulan akan dihancurkan.
  13. Prosedur legalisasi sertifikat hasil tes PAPS dapat dilihat disini.