Penyekoran dengan menggunakan Teori Respons Butir
Oleh: Wahyu Widhiarso
Penyekoran dengan tes-tes pada UPAP sudah dilakukan dengan menggunakan teori klasik dan teori respons butir (TRB). TRB merupakan teori tes modern dalam pengembangan dan penyekoran sebuah tes yang melengkapi beberapa keterbatasan teori tes klasik. Penyekoran dengan menggunakan TRB sudah diterapkan oleh pengembang tes di negara-negara maju terutama pada tes-tes yang dipakai pada skala besar (large assessment setting). Penerapan penyekoran dengan menggunakan TRB dilakukan karena panitia penyelenggara sudah memiliki sumber daya yang cukup memadai. Mengingat prosedur penyekoran dengan menggunakan TRB cukup kompleks maka informasi mengenainya sangat diperlukan. [Selengkapnya]
Jaminan Mutu Pengembangan Tes Psikologi di UPAP
Oleh: Wahyu Widhiarso
Pengembangan tes di Fakultas Psikologi UGM dilakukan dengan mengikuti prosedur pengembangan tes psikologi yang dipaparkan dalam berbagai literatur tes. Dokumen yang dipakai untuk memandu pengembangan tes adalah Buku The Standards for Educational and Psychological Testing yang dikembangkan oleh (American Educational Research Association (AERA), American Psychological Association (APA), dan National Council on Measurement in Education (NCME) tahun 1999 dan 2014). Semua proses yang dilakukan dalam pengembangan tes dilakukan berdasarkan rekomendasi-rekomendasi yang tertera di dalam buku tersebut beserta beberapa literatur. [Selengkapnya]