Tes Psikologi Koleksi UPAP
Tahun 2019
Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPS)
Tes PAPS divalidasi dengan menggunakan subjek usia 18 hingga 40 tahun dengan menggunakan beberapa jenis validitas, yaitu validitas konten melalui hubungan teori yang dipakai dan penilaian dari pakar pengukuran, bukti validitas berdasarkan proses yang dilakukan melalui proses fgd kepada sampel penelitian mengenai kemampuan yang dikerahkan untuk mengerjakan butir-butir tes PAPS, validitas kriteria yang dibuktikan dengan tingginya korelasi tes dengan indeks prestasi (IPK) mahasiswa pascasarjana serta validitas konstruk yang dibuktikan dengan struktur teks ini yang sesuai dengan teori yang dipakai. Tes PAPS ini memiliki 14 seri yang semuanya memiliki reliabilitas konsistensi internal baik pada level subtes maupun level baterai tes dengan harga reliabilitas Alpha yang tinggi. [Buku Manual PAPS]
Gadjah Mada Scholastic Test (GMST)
Gmst divalidasi dengan menggunakan bukti validitas berdasarkan konten yang ditunjukkan dengan penilaian pakar pengukuran terhadap domain domain yang diukur oleh gmst maupun butir-butirnya, validitas berdasarkan proses respons yang ditunjukkan dengan ketepatan kemampuan yang dipakai untuk menjawab soal gmst adalah kemampuan yang hendak diukur (kemampuan dalam hal penalaran kognitif baik induktif maupun deduktif, pengambilan keputusan serta kemampuan berpikir abstrak). Memiliki 6 seri tes paralel yang kesemuanya sudah di uji reliabilitas melalui pendekatan konsistensi internal dan diputihkan dengan harga koefisien Alfa di atas 0,8 baik untuk level sukses maupun secara keseluruhan. Populasi komunitas ini adalah anak-anak lulusan SMA dengan usia 16 hingga 19 tahun.
Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA)
Tes kompetensi dasar akademik merupakan tes yang mengukur kemampuan individu Dalam menalar dengan media verbal, numerik dan figural. Tas ini terdiri dari dua seri paralel yang semuanya sudah divalidasi baik dari sisi konten, struktur maupun daya prediksinya dalam bentuk performansi individu dalam bekerja. Semua butir-butir tes ini telah memenuhi properti psikometris yang tergolong memuaskan didukung dengan reliabilitas tes yang tinggi pada sampel individu yang berusia antara usia 20 hingga 50 tahun. Ke sini memiliki fungsi yang sangat optimal ketika di pakai dalam proses pengukuran intelegensi umum pada dosen yang mengajar di perguruan tinggi.
Tes Potensi Kognitif
Tes Potensi Kognitif telah dikembangkan sesuai dengan kaidah-kaidah pengembangan tes psikologi yang direkomendasikan oleh para peneliti. Tes ini memiliki properti psikometris yang memuaskan. Semua butir-butir pada tes ini telah dievaluasi secara psikometris dengan menggunakan pendekatan Model Rasch yang diujicobakan pada individu dengan usia remaja (12 hingga 15 tahun). Model Rasch merupakan model analisis yang terbaru dalam bidang psikometri yang memiliki kelebihan dalam hal invariansi informasi yang dihasilkan. Artinya parameter butir yang dihasilkan dari analisis tidak hanya berlaku untuk sampel yang dipakai dalam uji coba akan tetapi juga di level populasi. Reliabilitas alat ukur ini dilaporkan dengan menggunakan indeks reliabilitas berbasis model Rasch yang ditunjukkan dengan indeks separasi di atas 2,5. Artinya, skor yang dihasilkan oleh tes ini pada ada seorang individu akan konsisten dari waktu ke waktu maupun dari berbagai macam format atau versi tes.
Tes Kecakapan Visual
Tes kecakapan merupakan tes yang dikembangkan untuk mengukur kecakapan individu dalam menggunakan kemampuan kognitif nya untuk memahami, mencerna, menganalisis dan mentransformasikan bentuk-bentuk gambar baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Dalam kasus ini sudah dikalibrasi dengan menggunakan Model Rasch yang merupakan pendekatan terbaru dalam teori psikometrika. Validitas tes ini dibuktikan dalam bentuk validitas konten yang dilakukan melalui penilaian pagar pengukuran, validitas proses respons yang ditunjukkan dengan informasi mengenai proses kognitif yang diterapkan untuk menyelesaikan masalah masalah yang disajikan dalam butir-butir tes, serta validitas konstruk yang ditunjukkan dengan karakteristik kemampuan yang diukur oleh tes adalah kemampuan yang bersifat tunggal atau unidimensi. Reliabilitas tes yang diujikan pada 120 orang mendapatkan informasi mengenai konsistensi internal sebesar 0,86. Artinya skor yang dihasilkan oleh tes ini memiliki posisi yang cukup tinggi dalam menunjukkan kemampuan yang diukur.
Tes Kepemimpinan
Tes Kepemimpinan Adalah tes yang dikembangkan untuk mengukur kemampuan orang dalam menjalankan kepemimpinan yang efektif. Tes ini memiliki dua versi yaitu tas dalam bentuk bahasa Inggris dan tes dalam bentuk bahasa Indonesia. Kedua tes dengan versi tersebut telah dievaluasi properti psikometrikanya baik di level butir maupun di level tes. Validitas tes ditunjukkan dengan validitas konten yang dipenuhi melalui persetujuan para pakar dalam bidang industri dan organisasi bahwa butir-butir yang dipakai dalam tes ini sudah sesuai dengan teori yang dipakai. Validitas yang kedua adalah validitas konstruk yang dibuktikan dengan kesetaraan model pengukuran dari tes ini dengan teori kepemimpinan yang dipakai. Dari sisi reliabilitas tes ini juga sudah memenuhi teks yang memiliki reliabilitas tinggi karena hasil analisis pada uji coba mendapatkan reliabilitas sebesar 0,88.
Baterai Tes Kompetensi Individual
Baterai tes kompetensi individu adalah tes yang dikembangkan dengan menggunakan model Situational Judgement test (SJT). Tes si sini mengukur ini mengukur kompetensi individu dalam berbagai dimensi, efektivitas pengambilan keputusan, keterampilan sosial maupun efektivitas dalam bekerja. Tes Ini sudah diujicobakan pada 400 orang dari dari tiga Kota, yaitu Yogyakarta, Kota Surabaya dan Makassar. Tes ini memiliki properti psikometrika yang memuaskan yang dilihat dari sisi validitas konstruk yang dibuktikan melalui homogenitas butir-butir di dalam teks tersebut, validitas diskriminan yang dibuktikan dengan kekhasan atribut yang diukur. Tes ini memiliki reliabilitas yang memuaskan karena sudah memenuhi harga di atas 0,80.
Baterai Tes Inteligensi Umum
Tes ini merupakan tes intelegensi yang dikembangkan dengan menggunakan teorisasi yang diperuntukkan pada administrasi tes yang bersifat klasikal. Tes Ini sudah diujicobakan pada sampel penelitian dan sudah dianalisis properti psikometrika. Namun demikian tes ini masih dalam fase perbaikan untuk mendapatkan presisi skor yang tinggi dan kesesuaian permen-permen ukurnya dengan teori kognitif CHC.
Tes Wawasan Psikologi
Tes psikologi dikembangkan berdasarkan kurikulum yang diajarkan di Fakultas Psikologi UGM. Tes ini dikembangkan dengan tujuan untuk mengidentifikasi kemampuan dan wawasan calon lulusan dari Fakultas Psikologi UGM. Tas ini sudah dikembangkan dengan melalui proses validasi secara konten yang ditunjukkan dengan keterkaitannya dengan kurikulum yang diacu maupun validitas kriteria yang ditunjukkan dengan konvergensi dimensi-dimensi Ukur dalam tes ini.